FILM PERTAMA DI DUNIA




Film pertama di dunia dirilis pada tahun 1903. Film tersebut diambil dari kisah nyata mengenai perampokan kereta besar-besaran yang terjadi di Amerika Serikat.
Film ‘The Great Train Robbery’ dibuat berdasarkan kisah perampokan kereta api pengangkut emas di tahun 1896. jalan ceritanya ini ditulis oleh Thomas A. Edison. dan diproduseri oleh Edwin S. Porter.
Dalam pencatatan sejarah perfilman, film ini adalah film bergerak pertama yang dibuat. Walaupun masih hitam putih dan dibuat tanpa suara (film bisu. red), namun film berdurasi 12 menit ini bisa menjadi inspirasi bagi pembuatan film-film berikutnya
CERITA FILM
The Great Train Robbery adalah film Amerika 1903 Barat ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Edwin S. Porter. 12 menit, itu dianggap sebagai tonggak dalam pembuatan film, memperluas Porter sebelumnya Kehidupan karya seorang Fireman Amerika. Film ini menggunakan sejumlah teknik inovatif termasuk mengedit komposit, gerakan kamera dan lokasi pemotretan. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa film tersebut mengandung cross cutting, meskipun teknik ini tidak muncul dalam film. Beberapa cetakan juga tangan berwarna adegan tertentu.
Film ini disutradarai dan difoto oleh Edwin S. Porter, mantan Edison Studios kameramen. Aktor dalam film termasuk Alfred C. Abadie, Broncho Billy Anderson dan Justus D. Barnes, meskipun tidak ada kredit. Meskipun Barat, itu difilmkan di Milltown, New Jersey. Film ini telah dipilih untuk pelestarian di Amerika Serikat National Film Registry.
Alur
Film ini dibuka dengan dua bandit bertopeng membobol kantor telegraf kereta api, di mana mereka memaksa operator di bawah todongan senjata untuk menghentikan kereta dan memberikan perintah insinyur untuk mengisi kereta sampai di tangki air stasiun. Setelah itu mereka mengetuk dia keluar dan mengikatnya. Saat kereta berhenti untuk mengisi, bandit, sekarang empat, naik kereta. Sementara dua bandit memasukkan mobil mengungkapkan, membunuh utusan dan membuka kotak barang berharga dengan dinamit, yang lain mengambil para insinyur, menghentikan kereta dan putuskan lokomotif. Para bandit itu memaksa penumpang dari kereta dan merampok mereka dari barang-barang mereka. Satu penumpang mencoba untuk melarikan diri, tetapi langsung ditembak jatuh. Membawa harta mereka, bandit melarikan diri dalam lokomotif, kemudian berhenti di sebuah lembah untuk melanjutkan menunggang kuda.
Kembali di kantor telegraf, operator bangun dan mencoba untuk melarikan diri, runtuh lagi. Putrinya masuk dan mengembalikan dia ke kesadaran dengan melemparkan air di wajahnya. Dia pergi ke ruang dansa terdekat untuk mengumpulkan bantuan, dan orang-orang mengambil senjata mereka dan mengejar bandit. Pagar betis menangkap dengan bandit, dan dalam adu akhir semua bandit tewas.
Tembakan terakhirnya
Sebuah adegan tambahan dimasukkan dalam film. Ini adalah close up dari pemimpin bandit, dimainkan oleh Justus D. Barnes, menembak titik kosong ke arah kamera. Sementara biasanya ditempatkan di akhir, Porter menyatakan bahwa adegan juga dapat dimainkan di awal.
Melemparkan
Para bandit datang di bawah api ketika mencoba melarikan diri dengan menjarah.
Justus D. Barnes. pemimpin dari band penjahat, membidik dan menembak titik kosong di penonton.
Alfred C. Abadie sebagai Sheriff
Broncho Billy Anderson sebagai Bandit / Ditembak Penumpang / Tenderfoot Dancer
Justus D. Barnes sebagai Bandit Siapa Kebakaran Pada Kamera
Walter Cameron sebagai Sheriff
Donald Gallaher sebagai Anak kecil
Frank Hanaway sebagai Bandit
Adam Charles Hayman sebagai Bandit
John Manus Dougherty, Sr sebagai bandit yang Keempat
Marie Murray sebagai Dance-hall penari
Mary Salju sebagai Gadis kecil
George Barnes (uncredited)
Morgan Jones (uncredited)
Produksi dan Pers
Film Porter ditembak di studio Edison di New York City, di lokasi di New Jersey di Mountain Reservation Selatan, bagian dari sistem Essex County Park modern, serta sepanjang Delaware, Lackawanna, dan Barat Railroad. Difilmkan selama November 1903, gambar itu diiklankan sebagai tersedia untuk dijual ke distributor pada bulan Desember tahun yang sama. [1]
The Great Train Robbery memiliki debut resmi di Museum Huber di New York City sebelum dipamerkan di sebelas bioskop tempat lain di kota. [2] Dalam iklan untuk film, agen Edison disebut-sebut sebagai film “… benar-benar unggul dari setiap gambar bergerak yang pernah dibuat “serta” … imitasi setia dari asli ‘Tahan Ups’ yang dibuat terkenal oleh berbagai band penjahat di barat jauh

Sumber