Bikin Film Pendek Semakin Oke


Bikin film pendek juga perlu memperhatikan beberapa hal yang terlihat sederhana tetapi penting. Yuk mari belajar agar film pendek yang kamu buat nantinya menjadi lebih oke buat ditonton.

1. Layak atau Tidak ?
Dari awal film sebelum dibuat, kamu harus bisa memperediksi apakah film tersebut akan diterima oleh masyarakat atau tidak. Dan perlu menanyakan kepada diri sendiri mengapa film ini nantinya harus ditonton. Salah satu cara untuk melihat filmmu ini layak ditonton atau tidak mungkin bisa dengan cara menunjukkan skenario yang kamu bikin ke beberapa teman untuk dikomentari.  
2. Budget
Jangan pernah produksi jika kamu tidak memiliki budget. Ingat, uang juga memegang peranan yang penting dalam produksi film, walau film pendek sekalipun. Produksi tanpa budget menyebabkan rencana-rencana tidak bisa diprediksi. Apalagi jika uang yang tersedia tidak mencukupi segala kebutuhan. Bisa-bisa filmmu gak akan selesai-selesai.

3. Persetujuan Semua Pihak
Minta persetujuan tertulis kepada semua kru, artis dan pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembuatan film. Sepertinya hal ini simple untuk dilakukan dalam film pendek. Namun ini penting agar semua pihak yang terlibat lebih bertanggung jawab terhadap apa yang mereka kerjakan.

4. Durasi
Nah..jangan dilupakan yang satu ini. Durasi film pendek maksimal hanya 30 menit. Jadi jika yang kamu niati awalnya ialah membuat film pendek, maka jangan membuat scene terlalu banyak agar durasinya nanti sesuai dengan target.

5. Casting
Ada kemungkinan filmmu nantinya akan dibintangi aktris/aktor amatir. Apalagi kemungkinan untuk film pendek mereka tidka dibayar. Tapi teteap saja untuk mendapatkan karakter yang sesuai dengan keinginanmu diperlukan adanya casting. Hindari melakukan casting beberapa saat sebelum shooting dimulai.

6. Tata Suara
Tata suara yang buruk pada kebanyakan film pendek (meskipun memiliki konsep cerita menarik) menyebabkan tidak nyaman ditonton. Gunakan perangkat pendukung tata suara seperti boom mike untuk mendapatkan hasil yang baik. Kalau gak punya, beli atau pinjam aja.

7. Kudu Yakin “SIAP” Ketika Proses Syuting Berlangsung
Kamu kudu bener-bener yakin nih kalo filmmu ini persiapannya udah oke banget untuk menuju proses syuting. Periksa semuanya mulai frame dialog, tata suara, pencahayaan atau apa saja. Apakah sudah sesuai dengan kualitas yang diinginkan. Jangan pernah berpikiran untuk menyelesaikan semuanya di fase post-production.

8. Kurangi Zoom
Kalo bisa hindari deh pemakaian zoom. Untuk pengambilan gambar dari jarak dekat sebaiknnya menggunakan dolly track, camera glider atau bisa juga melkukan cut and shoot. Ini semta-mata untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Hindari Pemakaian Efek
Hindari transisi yang berlebihan seperti dissolves/wipe, dan credit titles yang panjang. Pikirkan dengan baik, apakah hal-hal ini perlu ditampilkan atau tidak. Pili dengan gat bijak jika semua itu tidak terlalu berlebihan. 

10. Hindari Syuting Malam
Suasana gelap itu musuh utama kamera. Jadi hindari proses syuting di ruangan yang minim cahaya atau di luar ruangan pada malam hari jika tidak ingin hasil gambarmu jelek nantinya.

Nahhh.. itu dia tadi 10 tips tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kamu akan membuat film pendek. Jadi walaupun film yang kamu buat ialah film pendek dengan biaya dan peralatan terbatas, namun setidaknya hasil dari film tersebut tidak kalah dari film-film profesional lainnya. Yuk tetep semangat bikin film.

Sumber