Bikin Film Susah? Simak Tips Berikut Ini!

Pengin ikutan kompetisi film pendek tapi masih takut buat memulainya? Apalagi belum punya pengalaman dan nggak punya modal besar. Ini nih pikiran yang harus dibuang jauh-jauh. Menyerah sebelum mencoba itu nggak banget loh. Asalkan niat, nggak susah kok bikin film pendek. Simak langkah berikut ini dari para sutradara yang handal!
Salman Aristo, sebagai sutradara dari film Jakarta Hati berbagi pengalamannya kepada para peserta Sharing Session yang diadakan 21 Cineplex. Menurut Salman, mencari ide untuk cerita film itu memang paling penting. Namun memilih untuk menjadikan cerita film itu jauh lebih sulit.
Selain itu, Joko Anwar, sutradara yang terkenal dengan film Modus Anomali, mengatakan ada berbagai unsur untuk mencari ide membuat film pendek.Berikut urutannya:
1. Mulai dari What If. Selalu mengasah pikiran ketika memulai suatu adegan punya spekulasi bagaimana jika terjadi seperti ini, seperti itu. Ada sesuatu yang lain dan harus dikembangkan dari pertanyaan itu.
2. What Next. Apa selanjutnya, itu sesuatu hal yang penting dalam sebuah film. Harus ada interest, sesuatu yang nyata dan usaha.
3. Untuk membuat sebuah film pendek harus mengangkat cerita yang terjadi dalam rentan waktu singkat
4. Mencari ide harus yang menarik dan tidak klise.
Nggak susah kan? Karena udah dapet ilmunya so, segeralah mengasah kemampuan kalian untuk membuat film pendek karya kalian sendiri. Jangan takut membuat sesuatu yang baru. Buktikan bahwa sineas muda Indonesia punya segudang kreatifitas dan inovasi. Selamat berekspresi!

Sumber