Tips Trik Membuat Stop Motion

Wah, belakangan ini saya baru melihat ada film-film pendek yang isinya tentang potongan gambar yang saling berhubungan. Ternyata film ini ada namanya sendiri, dan menggunakan cara yang berbeda dari teknikfilm pada umumnya. Film jenis ini namanya adalah film Stop Motion.

Film Stop Motion merupakan film yang cara pembuatannya dengan menggunakan berbagai potongan gambar yang saling berhubungan dengan gambar lainnya. Sekarang udah banyak sekali film-film stop motion yang ada di Youtube.

Cara pembuatan film stop motion ini kini mulai menjadi trend masyarakat pecinta film. Selain pembuatannya mudah, pembuatan film stopmotion ini hanya menghabiskan sedikit biaya saja, sehingga jauh lebih murah dibandingkan dengan pembuatan film biasa pada umumnya.

Untuk membuat film Stop Motion, kita hanya membutuhkan beberapa peralatan yang terbilang cukup mudah untuk dijangkau. Kita bisa menggunakan kamera SLR, tripod dan yang pastinya adalah komputer atau laptop.

Kita bisa menggunakan kamera sederhana, namun apabila kita mempunyai kamera SLR malah lebih bagus. Kalau tripod fungsinya hanya untuk menyangga kamera aja agar bisa tetap fokus, jadi framenya nggak goyang atauberubah-ubah. Tanpa tripod juga nggak jadi masalah sih, cuma hasilnya nanti agak goyang, yah nggak sebagus tripod tapi lumayan.


Berikut contoh film-film Stop Motion :











Sedangkan komputer atau laptop pasti udah tau sendiri kan fungsinya buat apa. Jadi dari gambar yang kita ambil dari kamera, nanti diedit sendiri deh di komputer kita. Software buat edit gambar jadi film ada banyak,di Windows sendiri juga udah langsung nyediain, kita bisa langsung menggunakan aplikasi Windows Movie Maker, adobe premier dll


Cara Membuat Video Stop Motion

stop motion mungkin bisa saya bilang salah satu konsep teknik dan visual dari motion grafis dan animasi, stop motion yaitu pembuatan sebuah animasi dengan menggunakan camera foto dan mengcapture object frame by frame sehingga timbul sebuah pergerakan dari in between foto2 tersebut. ini merupakan teknik animasi sederhana yang bisa kita lakukan dan buat tanpa harus banyak belajar software komputer, kitapun bisa membuat visual 3d, 2d, atau reelShoot dengan stop motion.

walaupun teknik ini terkesan sangat konvensional dan murahan, tapi gak kayak gitu sebenrnya, semuanya tergantung bagaimana kita melakukan eksekusi, konsep cerita dan daya kreasi kita. untuk lebih lanjutnya yuk kita liat gimana tips sederhana cara pembuatan animasi stop motion.


1. Pastikan kamu memiliki camera foto (digitalpocket camera atau SLR camera)
SLR camera mungkin akan lebih baik karna kita akan bisa mengatur depth of fill. tapi dengan pocket camera juga sebenarnya sudah cukup baik kok. dan sebuah komputer tentunya, kalian bisa mengunakan sofware sederhana seperti iMovie pada Mac atau windowsmovie maker pada PC. kalo kalian yang bisa menggunakan afetr effect mungkin akan lebih baik menggunakan AE.


2. Siapkan object yang akan kalian gunakan sebagaiaktor/ aktris dalam stop motion ini. kalian bisa menggunakan clay atautanah liat, action figure, lego, origami, manusia, atau apapun itusesuai kreasi kalian. mungkin akan lebih baik jika object yang digunakanbersifat fleksibel atau elastis sehingga mudah untuk membuat suatupergerakan.





3. Buatlah cerita yang menarik untuk karya stopmotion anda, story line, dan yang terpenting story board dengan detail penjelasan scene direction dan shootnya. sehingga pada saat produksi kita punya acuan dan mudah dalam eksekusi.





4. Pikirkan detail pergerakannya. misal kamu menggunakan effect jatuh atau effect terbang. kalian harus mencatat adegan2 yang mungkin berisi special effect khusus sehingga tidak ada yang terlewatkan sama sekali scene dan shootnya dan bisa sekali jalan dalam eksekusi.





5. Mengatur dan menandai angka-angka posisi (contohlego) object sebagai keyframe nanti. jika kita menggunakan clay, atau action figure kita bisa memberi tanda di set kita pada awal dan akhir dari sebuah pergerakan object. pastikan kamu mengatur ini semua sudah dengan view camera, pastikan object sesuai penempatannya di frame kamerakamu.



6. Siapkan camera kamu di posisi yang sudah kalian tentukan.gunakanlah tripod atau monopod cameramu, ini penting sehingga gambar kamu nanti tidak goyang dan tidak terlalu patah2. jika kamu tak memiliki tripod kamu bisa mengakalinya dengan tumpukan buku mungkib, sandarkan di tembok atau diatas meja, yang penting cameramu tidak goyang dan pindah tempat saat capture gambar.

7. Mengatur pencahayaan. kamu bisa gunakan lampu kamar sebagai sumber cahaya utama dan senter sebagai cahaya tambahan.perhatikan tidak ada sumber cahaya yang berkedip dan menggangu seperti cahaya di pintu, jendela atau tirai rumah.



8. Mulailah dengan mengambil gambar pertama, dan perhatikan hasilnya apa yang kurang misal cahaya atau setnya..segera perbaiki, ketika gambar pertama sudah OK, lanjutkan dengan memindahkan atau merubah posisi object sesuai pergerakan yang kamu mau, dan teruslah lakukan hal tersebut sampai scene atau shootnya selesai.

9. Ketika kamu sudah memperoleh satu shoot atau satu scene segera simpan / transfer di komputer ada dengan penamaan folder yang sesuai nama scene/ shoot. sehingga mudah dalam proses edit.

10. Ulangi langakah 8 dan 9 sampai selesai animasi kamu.setelah itu kita masuk ke proses edit/ penggabungan semua foto2 kamu menajdi sebuah animasi stop motion. kamu bisa gunakan sofware sederhana iMovie, windows movie maker, AE, atau yang lainnya yang kamu kuasai.

11. Tambahkan effect2, transisi, atau audio dubb pada animasi anda sehingga terlihat lebih mantap..gunakan seluruh kreasimu.

12. dan terakhir tinggal kalian eksport/render video animasi stop motion kamu.sangat mudah bukan membuat sebuah animasi stop motion..?