Komunitas Film di Medan Mulai Menggeliat

Pengamat dan pekerja seni kota Medan, Mukhlis Win Ariyoga menilai perkembangan dunia kreatifitas pembuatan film di Kota Medan semakin menggeliat, ditandai dengan banyaknya komunitas-komunitas film dokumenter yang saat ini bermunculan.
“Medan dulu punya rumah film di Sunggal, namun redup karena  anjloknya perfilman Indonesia kala itu. Namun, belakangan saya melihat geliatnya kembali bermunculan,” ujar Mukhlis Win Ariyoga kepada Analisa, Rabu (27/3).

Ia menjelaskan anak-anak muda Medan yang tergabung dalam beberapa komunitas yang ada memiliki bakat, talent dan keterampilan yang cukup bagus untuk memproduksi sebuah film. Modal utama untuk menuju profesionalisme.

Dari beberapa film yang pernah di tonton, Mukhlis berujar komunitas film dokumenter punya ciri khusus dan kualitas yang cukup bagus. Aktor dan konsep cerita yang ditawarkan pun menarik, meskipun tidak jauh dari persoalan romantisme remaja.

“Dengan budget, pengalaman, dan keterbatasan yang mereka miliki, saya kira kreatifitas mereka patut diapresiasi. Sebab dukungan masyarakat dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk menumbuhkembangkan dunia sineas di Medan,” ujarnya.

Peran pemerintah

Menurut aktor dalam serial TV Si Bolang dan Kisah Anak Nusantara yang diputar TRANS 7 itu peran pemerintah tidak juga dapat dipisahkan. “Mungkin saat ini belum menjadi prioritas, namun mengingat industri kreatifitas di dunia entertainment semakin menjamur, ini dapat menjadi ladang bisnis,” katanya.

Saat ini, katanya, rumah produksi (PH) hanya bermunculan di Jakarta dan sekitar Pulau Jawa saja, untuk Sumatera belum ada.  Pertimbangan inilah yang memungkinkan rumah produksi lokal dapat berkembang pesat.

“Televisi swasta yang berpusat di Jakarta kerap kebingungan bila menggarap cerita-cerita yang mengangkat tentang kultur daerah. Biaya produksi yang tinggi karena harus menyeberangkan alat beserta crew dalam jumlah yang banyak menjadi kendala utama. Hal ini yang seharusnya mampu dilihat oleh para penggiat sineas dan komunitas film di Medan,” ujarnya.

Sumber