Dimana Film akan Diputar?

https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash2/574984_387500248004654_925597230_n.jpg 
Premier Menatap Layar Atap ( MANTAP ) Produksi Komfaz Production

Alasan untuk membuat film harus diikuti kemana film itu akan diputar. Membuat film pendek bisa diputar di:

  1. Rumah – Banyak filmmaker mencoba mempertontonkan/test filmnya untuk dilihat keluarga maupun teman.
  2. Rumah budaya/komunitas – Film pendek biasa diputar di kantung-kantung budaya maupun komunitas-komunitas yang tersebar di Indonesia.
  3. Kampus/Sekolah – Kebanyakan diputar di kampus bersama kine klub-kine klub atau di kegiatan ekstra kurikuler film.
  4. Internet – banyak film pendek muncul di Internet dan mendapatkan feedback dari kalangan yang lebih luas dan beragam secara international.
  5. Televisi – Jika film pendek secara kualitas bagus, channel televisi akan memutarnya. Biasanya di gabung dengan film pendek yang lain.
  6. Bioskop – sangat sulit tapi bukan tidak mungkin sebuah film pendek diputar dibioskop. Biasanya terjadi di luar negeri karena mereka mempunyai bioskop yang memutar film-film pendek.
  7. Festival – Kesempatan paling besar adalah pemutaran di sebuah festival. Bisa ditonton oleh kalangan industri dan para filmmaker yang lain. Dan jika itu merupakan ajang kompetisi akan menyenangkan jika memenangkan sebuah penghargaan.
Kenapa membuat film pendek, dan kemana film akan diputar tergantung dari ide gagasan, mewujudkan menjadi film, equipment yang digunakan, teknik, budget, jumlah kru, dan pasar yang potensial.