Mencari Ide, Tema dan Gagasan

http://www.seputarukm.com/wp-content/uploads/2012/01/6a00e54fafb9508834010535cfe543970b-800wi.jpg 
Untuk membuat film salah satu yang dibutuhkan adalah script. Untuk menulis script yang bagus yang dibutuhkan adalah ide yang orisinil. Ide/tema/gagasan yang orisinil tidaklah datang dengan mudah. Sayangnya tidak ada guru yang dapat mengajarkan menciptakan ide bagus. Ide cerita yang bagus belum tentu juga sebuah script yang bagus. Banyak film pendek dengan ide bagus tetapi ketika menjadi script menjadi tidak bagus ketika proses penulisan berlangsung, apalagi kemudian diwujudkan dalam film. Menulis script adalah pekerjaan yang tidak mudah, tetapi banyak trik dan teknik yang dapat dipelajari agar memudahkan dalam penulisannya.
Salah satu pelajaran yang penting untuk menghindari ide yang klise menontonlah banyak film pendek, lihat trend apa yang sedang terjadi dan berusaha untuk memahami. Bahkan jika tidak menyukai film pendek itu tanyakan pada dirimu kenapa kamu tidak suka. Kenapa jelek? Apakah pengembangan karakter tidak cukup? Apakah ceritanya berjalan dengan baik? Tetapi pelajaran yang paling penting adalah latihan, latihan dan latihan. Jika idemu tidak terlalu orisinil cobalah untuk melihat subyek film dari sudut pandang yang lain atau gunakanlah teknik atau style yang berbeda. Tetapi jika berusaha kuat untuk menemukan gagasan yang kuat, cobalah mencari inspirasi dari pengalaman ataupun orang lain atau dari majalah, koran, internet, dan lain-lain.
Kita bisa memulai dengan ide dasar dan itu bisa apa saja. Bisa jadi tertarik akan sebuah situasi? Karakter? Sebuah aksi? Sebuah dilema? Isu sosial? Ekspresi artistik? Sebuah post-modern interpetasi sebuah kehidupan? Jika ingin membuat ide fiksi, bisa memulai dengan karakter, yang harus memikul konsep cerita.
Inspirasi bisa dicari berdasarkan:
  1. Kejadian nyata dalam hidup. Bisa diri sendiri atau orang lain.
  2. Artikel dari koran maupun majalah.
  3. Dari foto-foto, video, web camera, internet.
  4. Pengalaman pribadi; mimpi atau kenangan.
  5. Ide berdasarkan: Bagaimana jika? Sebuah pengandaian, bagaimana jika dunia hancur?